Jumat, 28 September 2018

Apa itu Double Cleansing? Mengapa Penting?

Buat yang baru-baru aja belajar soal skincare terutama korean skincare, pasti sudah mendengar istilah Double Cleansing. Sebenarnya apa sih Double Cleansing itu , dan kenapa perlu membersihkan wajah dengan Double Cleansing?



Double cleansing artinya membersihkan wajah dua kali. Udah itu doang.

Produk yang digunakan untuk metode pembersihan double cleansing biasanya oil-based dan dilanjutkan dengan water-based. Atau intinya adalah produk pembersih yang nggak pake air dan pakai air.

Kalau aku suka nyebut istilahnya sebagai First Cleanser dan Second Cleanser.

First cleanser bertujuan untuk membersihkan make up, debu, sisa sunscreen dan polusi yang menempel di wajah. Aku sukanya pakai First Cleanser dengan oil-based karena lebih mudah untuk membersihkan sisa makeup dan sisa sunscreen, terutama sunscreen. Karena sunscreen kan memang diformulasikan thick untuk ngeblok sinar matahari gitu, aku merasanya dia nggak akan mudah dibersihkan. Harus pakai something yang meluruhkan dan melarutkan sunscreen ini.



Lalu, dilanjut dengan Second Cleanser yang pastinya bilasnya kudu pakai air, kayak facial wash. Fungsinya adalah membersihkan kotoran yang tadi udah diluruhkan sama si First Based Cleanser sekaligus ngebersihin si first based cleanser ini. Jadi, kulit benar-benar dalam keadaan bersih termasuk sampai ke dalam pori-porinya.



Kalau tidak pakai makeup, apakah tetap harus double cleansing?
Kalau aku, YA! Karena walaupun nggak pake makeup, aku masih naik motor kemana-mana dan itu ketemu debu dan polusi. Mereka itu jahat, guys. Yang bikin jerawatan tambah parah. Sehingga it's a must bagiku. Walaupun nih ya, aku nggak pakai makeup, tapi ketika bersihkan wajah dengan first cleanser, kapasnya langsung abu-abu gitu. Pertanda banyak banget polusi yang nempel di wajah. Serem kan kalau kebawa tidur?

Pemilihan Produk untuk Double Cleansing
Sebenarnya, nggak ada rumus yang pasti ya. Karena skincare itu cocok-cocokan dan nyaman-nyamanan. Tapi aku punya rule khusus dalam memilih produk untuk membersihkan wajah yaitu : sedikit atau tidak mengandung SLS (Sodium Lauryl Sulfate).

Kandungan SLS ini bisa ditemukan di pembersih wajah yang jenisnya facial wash gitu, tandanya ketika kamu pake, kulitmu berasa ketarik karena minyak di wajah hilang. Iya emang rasanya bersih sih, tapi efeknya malah buruk karena si kulit ngerasa kekurangan minyak dan akan mengirimkan sinyal ke otak untuk nambahin minyak. Bukannya bebas minyak tapi malah tambah berminyak dan memicu jerawat. So, aku menghindari banget pakai pembersih wajah yang bikin kulit ketarik gini. Aku usahakan pembersih wajahku tetep bikin kulit terasa lembab sehingga mantel kulitnya terjaga.


Tips Memilih Produk Double Cleansing untuk Tiap-Tiap Jenis Kulit
Yang aku dapatkan dari sokoglam, ternyata tiap-tiap jenis kulit punya rekomendasi produk double cleansing yang berbeda lho. Diantaranya :


Kamu yang punya wajah kering, jangan sampai salah pilih cleanser. Pastikan cleanser kamu nggak membilas habis minyak alami di kulit kamu dan wajib banget cari cleanser tanpa SLS dan tetap melembabkan.


Kalau normal, cari first cleanser yang oil-based namun tetap moisturizing, lalu pilih second cleanser yang berbentuk facial foam yang nggak bikin kering juga.


Nah kalau oily ini, tetap ya cari produk yang membersihkan minyak di wajah dan pori-pori tanpa bikin kulit jadi dehidrasi. Walaupun pengennya dikuras habis itu minyak, tapi jangan, malah bikin tambah berminyak. Kuncinya adalah "menyeimbangkan", guys.


Untuk kulit sensitif, hmm, agak tricky nih. Karena aku pribadi pernah mengalami kulit yang sensitif. Pilih cleanser yang aman untuk kulit sensitif dan tidak ber-fragrance.


Manfaat Personal yang Aku Dapatkan Setelah Mempraktekan Metode Double Cleansing
Dengan Double Cleansing, aku merasa kulitku lebih bersih dan lebih enteng. Apalagi setelah seharian pakai makeup. Hmmm... begitu dibersihkan pakai double cleansing, rasanya beban di wajah menghilang dan lebih seger.
Aku sudah pakai metode ini dari lamaaaaa banget sejak kenal skincare dari Larissa. Kalau dulu, aku bersihinnya pakai Milk-Cleanser dilanjut dengan Facial Wash. Karena kebiasaan inilah, sekarang kalau nggak double cleansing rasanya kurang afdol atau kurang bersih.
Jadi it's a must!
Tapi yang paling penting adalah kamu nggak salah pilih produk untuk Double Cleansing ini guys. Karena kalau salah, pondasi kulitmu malah jadi taruhannya. Aku pernah pakai produk yang ternyata terlalu harsh buat aku, akhirnya kulit malah jadi rusak, berjerawat dan dehidrasi. Tapi kalau milihnya bener, cleansing ini bener-bener jadi jalan untuk merawat mantel kulit supaya dia kuat dan nggak gampang berjerawat.

Terima kasih sudah mampir baca blog-ku. Untuk tahu produk-produk yang pernah aku pakai dan rekomendasinya, akan kubahas di artikel selanjutnya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

authorHi There! Thanks for visiting my blog. You can call me bella.
Learn More →