Senin, 04 September 2017

Daftar Kuliah di Universitas Terbuka ( S1 Transfer)

Aku adalah orang yang sangat percaya bahwa belajar itu sepanjang hayat. Tidak hanya di bangku sekolah wajib, namun di kehidupan-pun kita banyak belajar. Dan aku itu hobi banget belajar, bukan cuma baca buku dan ngerjain soal, tapi mendengarkan, memahami sesuatu dan tanya-tanya ke orang tentang opini mereka. Dari situlah aku belajar soal segala hal, terutama kehidupan.

Intronya panjang ya, hahaha. Intinya sih, dalam pendidikan formal, aku nggak berhenti sampai jenjang Diploma saja. Maka aku memutuskan untuk melanjutkan S1 Transfer. Tujuanku, biar bisa kuliah S2. Kenapa mau kuliah S2? Emang mau jadi dosen? Nggak juga, simply karena aku pengen menuntaskan pendidikanku sampai S2 karena alasan diatas :)

Karena pendidikan itu nggak murah dan waktu adalah hal yang nggak mudah untuk diluangkan, aku sangat pemilih untuk mendaftar S1 Transfer. Pokoknya pengen dapat kampus yang BAGUS, MURAH dan KULIAHNYA GAMPANG! Haha, semacam kampus utopia ya, nggak bakalan ada-lah!

Tapi JENG JENG, ADA! Kampus yang MURAH BANGET, PTN serta KULIAHNYA FLEKSIBEL. Setelah mencari info kesana-kemari akhirnya aku memantapkan diri untuk daftar kuliah transfer di Universitas Terbuka. Nah setelah menjalani 1 semester di UT, berikut aku jabarkan alasan kenapa milih UT sebagai kampusku selanjutnya.

Ilustrasi, kuliah di UT bisa sambil mantai~

ALASAN KULIAH DI UNIVERSITAS TERBUKA


Biayanya murah!
Serius murah! Apalagi buat S1-Transfer, kamu bisa pakai sistem non-paket (non-sipas), jadi bayarnya sesuai jumlah SKS yang kamu ambil. Sebagai gambaran, pada semester awal aku hanya membayar sekitar Rp. 534.000 aja buat kuliah. Tambah buku, total cuma Rp 700.000. Murah banget buat kantong pekerja yang kuliahnya bayar sendiri kayak aku gini. Lalu ketika semester dua, mata kuliah aku kurangin, jadi bayarnya hanya Rp 470.000. Murah. Banget.

Kuliahnya Fleksibel
Ya, karena sistem pendidikannya jarak jauh. Online dong? Yap, tapi, online itu cuma baru-baru ini. Dari pertama berdiri, universitas ini sudah menggunakan sistem belajar jarak jauh dengan memanfaatkan media yang ada, seperti buku cetak, telepon atau surat-menyurat. Aku dengar sendiri cerita susah payahnya alumni UT dalam belajar jaman dulu. Karena sekarang sudah ada teknologi digital, maka kuliah di UT makin mudah dengan fasilitas e-learning.






Mahasiswa cukup belajar melalui buku cetak dan aktif berinteraksi dengan dosen secara online melalui forum e-learning tersebut. Waktu kuliahnya ditentukan sendiri oleh mahasiswa tersebut, mau pagi, siang, sore, malem, atau tengah malam sekalian. Frekuensinya-pun bebas, asal mahasiswa itu paham dengan materinya.
Arti lain dari fleksibel ada di makna terbuka. UT tidak membatasi usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi ataupun frekuensi masa ujian. Jadi buat kamu yang merasa "udah telat buat kuliah", jangan khawatir karena sebagian besar mahasiswa UT adalah bukan lulusan fresh SMA alias udah berumur.

Perguruan Tinggi Negeri
Banyak yang mengira, Universitas Terbuka itu kampus swasta, padahal negeri lho! UT ada dibawah naungan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Jadi kualitas pendidikannya tidak perlu diragukan lagi. Pembuat bahan ajar atau modul UT adalah dosen-dosen ternama dari universitas negeri unggulan di Indonesia. Bahkan, modul UT kerap kali jadi rujukan pembelajaran oleh mahasiswa-mahasiswa PTN lainnya karena lengkap dan padat ilmunya. Emang bener sih, kalau baca modul UT, rasanya nggak berat, bahasanya ringan karena disesuaikan biar mudah dipahami tanpa harus melakukan tatap muka. Mahasiswa UT juga bisa dapat "kartu sakti" untuk mengakses perpustakaan universitas negeri ternama di Indonesia. Keren kaann!

Nah itu dia 3 alasan utama buat kuliah di UT. Menurutku, kuliah di UT nggak ada ruginya. Harganya murah, PTN dan fleksibel, cocok banget buat yang pengen nerusin kuliah sambil kerja. Konsekuensinya hanya harus rajin dan disiplin, karena jam belajarnya ditentukan sendiri.

Gimana, sudah mantap mau kuliah lagi? Kalau ingin cari-cari info, kamu bisa langsung kunjungi websitenya di www.ut.ac.id atau datang langsung ke kantor UPBJJ-UT terdekat di daerahmu.


31 komentar:

  1. apa bisa masuk dengan beasiswa min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada beasiswa, tapi untuk masuk benar-benar free biasanya itu kerjasama dengan instansi (BUMN atau semacamnya). Jadi kalau umum nggak ada beasiswa masuk. Tapi tetap bisa daftar beasiswa PPA setelah jadi mahasiswa nanti.

      Thanks udah mampir :)

      Hapus
  2. Berapa th yg ditempuh utk mahasiswa alih kredit ke S1??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak! Tergantung seberapa banyak alih kredit yang berhasil dikonversikan dan berapa banyak SKS yang mbak ambil ketika kuliah :) kalau rajin ya bisa cepet 2 tahun, kalau nggak rajin mungkin bisa lebih :D

      Hapus
  3. duh...
    jadi pengen kuliah lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun ini komen awal tahun baru aku bales sekarang wkwk.

      Hapus
  4. kalo dari d3 keperawatan bisa ke S1 jurusan lain

    BalasHapus
  5. @unknown 1 sept : kenapa ga bisa langsung klik balas ya. yasudah lah saya tulis new komen aja, semoga kamu baca ya.

    Bisa, tapi nanti kemungkinan harus ambil buanyak SKS lagi karena konversi alih kredit kamu bisanya dikit banget. Malah mungkin disaranin ambil baru aja daripada alih kredit :D

    BalasHapus
  6. Selamat Malam

    bolehkah sedikit bertanya,

    misal saya lulusan D3 Akuntansi Komputer ingin lanjut/ alih kredit ke S1 Management, kira kira berapa banyak konversi alih kreditnya ?
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mas, untuk konversinya sangat tergantung dari UT mas. Setiap jurusan & kampus sebelumnya juga mempengaruhi keberhasilan alih kredit, terutama bagian akreditasinya.
      Jadi langsung dicoba dulu aja mas :D

      Hapus
  7. Mb..misalkan sudah lulus S1 pendidikan matematika mau transfer alih kredit S1 PGSD bisa ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, tapi sepertinya tidak bisa semua makul ditransfer. Info lebih jelasnya, mending langsung datang ke kantor perwakilannya UT

      Hapus
  8. Kalo misalnya nii kak, saya sudah semester 2 ingin pindah kuliah ke UT, itu program semesternya akan tetap atau diulang lagi menjadi semester 1??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba konsul ke UPBJJ-UT terdekat di kotamu. Bisa jadi disuruh ngulang, atau bisa jadi disuruh ambil non-sipas seperti aku sembari daftar alih kredit

      Hapus
  9. kak, misal kalo skarang udh lulus d3 akuntansi tpi pengen lanjut ke s1 akuntansi juga. itu kira-kira transfer kreditnya gimana ya? kudu ngulang mata kuliah apa bisa lanjut ambil mata kuliah lain?
    mohon infonya kak, hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikut nyimak y kak,sya jga ingin bertanya sperti pertanyaan d atas..
      Trmkash...

      Hapus
    2. Ikut nyimak y kak,sya jga ingin bertanya seperti pertanyaan d atas... Trmkash kak...

      Hapus
    3. Halo, Tetep bisa langsung transfer tanpa perlu mengulang, tapi melalui proses "alih kredit" ya. Kamu daftar dulu program NON SIPAS lalu mengajukan Alih Kredit. Berapa jumlah mata kuliah yang diakui oleh UT, nanti tergantung proses alih kreditnya. Sembari menunggu, kamu bisa lanjut ambil makul yang belum pernah km ambil.

      JIka sudah selesai alih kredit, kamu tinggal nambah sks dengan mengambil makul-makul yang belum pernah km ambil.

      Hapus
  10. jika saya alih kredit dg transkip nilai saja tanpa surat rekomendasi univ sblmnya atau transkip yg tidak di tandatangani dekan. Apakah bisa? krn saya udah non aktif lama jfi pihak kampus ga mau kasih rekomendasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. syarat alih kredit itu ada administrasi dari kampus sebelumnya. jika ada kendala, langsung hubungi pihak UT saja

      Hapus
  11. Min mau tanya, saya sudah lulus kuliah s1 ekonomi manajemen trs mau transfer ke pgsd bs tidak ya atau q harus ambil kuliah lg

    BalasHapus
  12. kak kalau mau alih kredit tapi udah lulus diplomanya 3 tahun yg lalu apakah bisa tetap ngambil S1 dsna ?

    BalasHapus
  13. Kak mau tanya saya lulusan d3 informatika kalau mau transfer s1 pgpaud/pgtk bisa?tanpa harus 5 thun kuliah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya sih gak bisa kalau beda jurusan. Karena nanti ada alih kredit dulu. Yang sama jurusan saja belum tentu diterima semua alih kreditnya.. jika beda jurusan, mungkin yang diterima alih kredit hanya makul umum seperti bahasa indonesia, agama, bahasa inggris dan lain sebagainya.

      Hapus
  14. Selamat malam kak, kak kalau misal di ut alih kredit 2x bisa gak ya kak? karna saya uda lulus D3 dan uda eksten S1 di pt lain tp sebelum lulus saya keluar dan eksten s1 nya sudah dapat 2 semester :"(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba konsultasi langsung saja melalui Halo UT, atau langsung ke kantor di daerahmu yaa

      Hapus
  15. halo ka! mau nanya dong, kalo lulusan D3 adm bisnis pengen lanjutin S1 manajemen bisa gak ya?

    BalasHapus
  16. Kalo D2 mau lanjut S1 bisa nda yach

    BalasHapus
  17. Kak mau tanya kalau sidah masuk semester 3 dan mau pindah dari universitas islam dibawah naungan kementrian agama, dan jngin pindah ke ut apakah bisa lanjut semester 3 atau harus mengulang semester 1 kak?

    BalasHapus
  18. Siang kak, aku mau nannya, kk ambil UT transfer s1 dimana ya kak?
    Klo UT magelang bisa gak kak.?

    BalasHapus

About

authorHi There! Thanks for visiting my blog. You can call me bella.
Learn More →