Minggu, 25 Agustus 2013

Great Photoworks at Brenda Waworga

Some of you may notice that i often upload some of photo editing in my FB Timeline. Tapi ngga seperti digital editing with fantasy ornaments, but i prefer edit the photo tone untuk memberikan emosi yang lebih kuat di foto tersebut. And i learned that from this gorgeous photographer, Brenda Waworga!



Here's a bit about her, found in her personal website :

"My name is Brenda Waworga

i live at this small town Manado, North Sulawesi, Indonesia

im loyal banker on weekdays and a passionate portrait/beauty/prewedding Photographer on weekends :D

Love Photography since the end of 2009"


First, aku emang suka foto, especially fotoin orang sebagai portrait. Juga suka fashion. Jadi begitu lihat hasil karya-karyanya Brenda yang "wow, it's amazing!" langsung ngefans sama dia, apalagi tau kalau ternyata foto-fotonya itu diedit, atau bahasa gaulnya, di "retouch" (kalau edit itu sampai menambah atau menghilangkan unsur dalam foto itu, hihi)

UPDATE
Karena banyak banget dapet keyword tentang bagaimana cara edit foto, kalian bisa langsung download Photoshop Action dan Curve gratis yang disediakan Brenda Waworga berikut ini :
Matte Action
Sentinent
Velvet Action
atau kalian bisa ikutin Facebook dan Instagram Brenda, siapa tahu Brenda sedang mengadakan kuis yang ngasih freebies Edit foto gratis ;)


Padahal selama aku menyukai hobi fotografi, beberapa teman bilang, foto yang bagus itu foto yang tidak perlu di edit. Sebenarnya saya sih kurang setuju ya dengan statement itu, karena dari awal saya menyukai fotografi, saya mulai dari Digital Pocket Camera, yang ISO, shutter speed dan warnanya gak bisa di atur. Maka dari itu saya terbiasa edit-edit di photoshop (atau waktu masih alay, saya editnya di photoscape ^_^ ). Juga terkadang kamera tidak bisa menampilkan detail secara maksimal dan warna yang kita inginkan. Yah, fungsi dari editing foto seperti pakai make up laahh.. untuk menampilkan detail sehingga pesan dari foto, emosi dari foto bisa tertangkap dengan mudah.

Nah, Madame Brenda ini, dia memang menggunakan photoshop untuk memperindah hasil fotonya. Dan banyak juga teman yang mengagumi karyanya. Dari sini saya mulai percaya diri lagi, "Hey, Retouching photo is not a SIN!" Berikut beberapa hasil retouch Brenda yang saya dapat dari halaman facebooknya





And she love to share too!
You could get her PS Curves below at her DEVIANTART
Psstt, she also love to share and do a giveaway. Check her facebook ;)
Dilihat dari karya-karyanya, memang Brenda memiliki kesukaan di Vintage Looks dari tone fotonya yang dibuat kecoklatan. Dia juga menyukai Fashion, dilihat dari wardrobe modelnya yang memukau, mungkin dia mendandani modelnya sendiri XD. Dan setiap melihat hasil karyanya, ada kesan damai, tentram tapi tegas di tone warna hitamnya yang terkesan matte dan solid (wah ngomong apaan nih, hahaha).





Dan Brenda ini salah satu fotografer yang berhasil mengeluarkan "beauty" dari model-modelnya, mungkin karena komunikasi yang baik yang terjalin saat sesi foto. Jujur, aku ngga suka foto hasil jepret om-om fotografer, karena kesannya sensual & seksi Slutty. Tapi di foto-foto Brenda ini, kesan yang keluar adalah keanggunan, walaupun seksi, tapi seksi yang anggun.






Mostly of her photoworks, she didn't use an additional lighting, looks like she prefer use a natural light from the Sun, which, i also thought the same. Sinar matahari yang dipantulkan ke kulit akan membuat warna kulit jadi lebih asik, menurutku, dibanding pakai lighting tambahan. Here's BTS of Brenda Waworga's amazing works!






Dan she love OverExpossure and Flare! Biasanya kalo OE pasti minta diulang or most of photographer avoid that, Brenda malah terkesan sengaja memberika efek OE pada fotonya. Dia juga suka foto waktu Golden Hour, yang punya warna sinar matahari paling keren!






Ngerasa kayak punya temen seperjuangan, aku berlatih dan belajar niru in tone nya Brenda, walaupun ngga mirip, tapi bukannya gitu kan cara belajar? Melihat, meniru, baru membuat sendiri.

Ini waktu nyoba tone Brenda pake foto sendiri, hahaha~ :3

Ini waktu nyoba bikin efek dreamy kayak brenda :D
Dan Brenda Waworga ini adalah PREWEDDING PHOTOGRAPHER, jadi buat yang pengen foto prewedding yang super keren, dan tinggal di manado, bisa pakai jasa Brenda kali ya ;)






Check all of her works at :
www.brendawaworga.com

And enjoy her photoworks! :)



14 komentar:

  1. Halo bella :)
    aku dewi aku suka blog kamu, aku juga tertarik sm fotografi tapi blm bisa bikin blog sekeren blog kamu
    ajarin ngatur layout blog dong bella. Thankyou :)
    www.facebook.com/dewiimasruroh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Dewi!! Makasih banyak dah mampir. And it's nice to know that you've liked my blog (yayy)

      Aku pakai template dari www.soratemplates.com buat bikin blog ini, coba deh kamu cek ke sana, siapa tau ada template yang kamu suka dan cocok buat blog portofolio fotografi mu ^_^

      Hapus
  2. mantap.. aku juga udah lama belajar bikin tone kayak foto2nya bu brenda.. tp belom bisa sama kayak gt.. apa mungkin file mentahnya berpengaruh ya?? hehe
    kalo udah bisa bikin tone kayak foto2nya bu brenda aku diajarin yaa.. emailku ojebbejo@gmail.com.. akun fb ku juga pake email itu.. Salam kenal Bella.. dan salam jepret.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo gigihGO~ salam jepret juga ^_^

      Pastinya latihan ngedit terus biar bisa miripin tone ke brenda, cuma aku punya style sendiri dan brenda juga punya style sendiri yang unik...
      aku belajar nyamainnya dengan mempelajari freebies dari dia yg bisa di download gratis di https://www.facebook.com/brendawaworgaphotoworks/app_352757751422557?ref=br_tf
      coba deh km download, dan kamu pelajari sendiri gimana step - stepnya

      Semangat belajar ngeditnya yaa~ ^_^

      Hapus
  3. halo mbak, senangnya bisa nemu blog org yg juga suka fg and tentunya kita sama2 terinspirasi dr mbak brenda nih. aku masih penasaran bgmn mb brenda bisa nampilan warna gelap difotonya tp tetep keliatan halus soft gitu, apa mbk udah tau tips n triknya? bole lo mbk kunjungi blog aku, ada bbrp hasil fotoku yg juga hasil coba2 ngetone.. yuk mb sharing2 wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai septi mooi, thanks udah mampir!! hihihi

      untuk nampilin warna gelap yg kata kamu tetep soft itu, di photoshop kamu bisa mainin menu Image >> Adjustment >> Exposure, mainkan slider Gamma & offsetnya , sedikit aja udah bisa kasih effectnya kok ^_^

      Oke, aku kunjungi blog kamu juga yaaa ^_^

      Hapus
  4. mba bisa kirim ke email kh actionnya 😢
    rofi_jr17@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak Rofi, :)
      Maaf, karena aku menang kontes dari kak brenda, dan rulenya ngga boleh share action ini ke orang lain, maka maaf sekali aku ngga bisa share ya. Action milik kak brenda adalah hasil karya dan ciptaan kak brenda jadi tidak akan aku share tanpa ijin dari kak brenda :)
      Tapi kakak bisa download action yang gratisnya disini -->
      https://www.facebook.com/brendawaworgaphotoworks/app/352757751422557/?ref=page_internal
      https://www.facebook.com/brendawaworgaphotoworks/app/161128210587174/

      Kalau ingin photoshop action yang keren-keren, coba aja kak googling karena banyak anak deviantart yang share secara gratis action mereka. :)

      Hapus
  5. hai, bolehkah send kan actions photoshop dari brenda ke email saya intanindiastuti@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Intan, maaf aku nggak bisa kasih action punya brenda sembarangan ya, untuk menghormati copyrightnya. Jika mau, kamu bisa download yang sudah disediakan brenda, di fanpagenya, thank you ^_^

      Hapus
  6. permisi kakak , mau tanya untuk tone yang model mengang kamera itu pakai efek film atau enggak kakak

    BalasHapus
  7. memang keren tuh kak brenda. saya juga menuliskan bedah editingnya di blog saya. ya walaupun itu cara saya edit sendiri. tapi hampir mirip lah. bisa comot PSD juga.
    http://denifaofficial.blogspot.co.id/
    silakan dikunjungi. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah ke TKP, dan ya! Keren!! Makasih sudah share ya kak ^_^

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

About

authorHi There! Thanks for visiting my blog. You can call me bella.
Learn More →