Selasa, 07 Mei 2019

Nyobain VR Cafe Pertama di Kota Solo, VR Gate Cafe

Virtual Reality? Jujur walaupun cukup sering nemenin Zaga main game, aku sendiri belum pernah mencoba VR Game. Jangankan VR Game, main Google Cardboard atau nyobain VR Headset aja belum hihi. Nah, pas banget kemarin aku diundang sama VR Gate Cafe untuk nyobain pengalaman Virtual Reality berkualitas di Kota Solo.


VR CAFE PERTAMA DI KOTA SOLO
Hari Sabtu, 27 April 2019 kemarin menandai Soft Opening Cafe VR pertama di Kota Solo : VR GATE CAFE. Berlokasi di tengah kota, tepatnya di  Jl. Hasanudin no 56 Mangkubumen, Banjarsari, Surakarta (samping Kedai Ibu). Akses paling gampang mengunjunginya adalah dari Jl. Hasanudin samping Hotel Sala View, lanjut bablas terowongan flyover.

area depan VR Gate Cafe
Cukup excited ketika menerima undangan karena di Jogja aja belum ada VR Cafe lho. Aku datang bersama Zaga sebagai undangan VIP yang artinya kita bisa cobain main VR gratis. Sesampainya di sana, langsung disambut ramah oleh owner dari VR Gate, Mas Ardhi Dirgantara & Mbak Wanda.

bersama owner VR Gate Cafe, Mas Ardhi Dirgantara
Ada 3 jenis ruangan Virtual Reality yang bisa dicicipi. Pertama, adalah ruangan VR dengan alat simulasi tambahan (mobil-mobilan & roller coaster). Yang kedua adalah ruangan VR Premium yang lebih nyaman. Dan yang ketiga adalah ruangan VR dengan Green Screen yang nantinya bisa dipakai untuk me-record aktivitas VR kita.

Kasir game dan pintu menuju Ruang VR 1

Ruangan VR 2 untuk VIP & Multiplayer

Ruang VR 3, 4 dan 5 untuk Green screen



Spesifikasi VR Gate Cafe

Komputernya nggak nanggung-nanggung!

Headset VR canggih

Didukung dengan teknologi Windows Mixed Reality

Ini controllernya

Karena VR memerlukan spesifikasi komputer berkualitas, maka VR Gate nggak nanggung-nanggung menyiapkan teknologi terbaik untuk kalian. Berikut spesifikasinya :

VGA : GTX 1080 TI
Headset VR : Samsung Odyssey I - Windows Mixed Reality
Rig Tambahan : Roller Coaster Simulator & Racing Simulator.

Mau main mobil-mobilan? Bisa cobain rig yang ini.


Game Rekomendasi
VR Gate Cafe menyediakan 54 Game VR yang terdiri dari berbagai macam genre dan tingkat kesulitan. Wuih, banyak kan. Tapi jangan bingung, buat kamu yang pemula dan baru aja ngerasain VR, aku beri rekomendasi game-game yang bisa kamu mainkan di VR Gate. Khususnya yang berdurasi 10 menit.





NGGAK CUMA MAIN VR
VR GATE CAFE bukan hanya sekedar Warnet untuk Virtual Reality. Di VR Gate Cafe, kamu juga bisa nongkrong & menikmati beragam makanan di cafenya. So, buat yang nggak pengen main VR, tetep bisa kok nongkrong-nongkrong atau makan di sini bersama teman-teman dan keluarga.

Lounge nyaman untuk menunggu giliran

Outdoor Area

Yummy!

Ada macam-macam snack ala wedangan yang enak-enak. Cocok buat nongkrong

Laper? Ada makanan berat juga seperti Nasi Goreng dan Mie Goreng


NYOBAIN VR FOR THE FIRST TIME IN FOREVER
Excited banget pas pertama kali mau nyobain VR, karena memang belum pernah. Bener-bener new experience bagiku. Untuk mencoba VR, kita mengunjungi bagian billing dulu untuk memesan paket VR dan memilih game. Harga bermain VR di VR Gate Cafe adalah Rp 25.000/10 menit. Masih lebih murah dibanding tarif di jakarta yang mencapai Rp 45.000/10 menit.

Zaga nyoba duluan. Dia milih game First Person Shooter yang entah aku lupa namanya.

Zaga nyobain VR dulu

Ngeliat Zaga nyobain VR pertama kali dan gamenya tembak-tembakan (FPS), aku berkesimpulan, susah juga ya kalau belum menguasai alatnya. Jadi, lama waktunya terbuang untuk berlatih menembak, belum jauh main ke dalam gamenya. Aku ngeliatin Zaga main VR dengan mata ketutup gitu, lucu juga hahaha. Billingnya Zaga habis, tinggal giliranku. Eh ternyata aku diajakin nyoba di ruangan Greenscreen haha. Seru nih.

Maap ya ekspresinya gitu, nggumun akutuu...

Aku nyoba game The Blu atas rekomendasi Mbak Wanda. Selain karena aku bukan gamer handal, aku juga belum pernah main VR. Game VR dengan tipe "cuma liat-liat" gini cocok buat pemula kayak aku. Plus, aku cinta paus & orca dan kangen snorkeling haha. Oya, ternyata sebelum pake VR, kita harus pake VR Mask dulu, biar aman.

Begitu di pasang alatnya, woop. Cukup deg-degan ya. Terus ketika gamenya dimulai... Wah rasanya menakjubkan. Aku tahu itu cuma 3D sih, tapi bener-bener rasanya kayak nyata banget. Di game The Blue, aku berdiri di atas kapal karam dibawah laut dengan ikan-ikan disekitarku. Terus ada ikan pari lewat. Habis itu, pas asik liat ikan pari di kananku, ternyata di kiriku ADA PAUS BIRU (BLUE WHALE) SUPERGEDE BANGET dan dia mendekat ke arahku. AAAAKKK, aku excited banget. Soalnya kalo snorkeling ga mungkin kan kita ketemu paus sedeket ini. Agak-agak terrifying tapi juga excited seneng gimana gitu (wkwkw, maklum ya aku suka banget hewan mamalia laut ini).



Terus pas pausnya mendekat, dia ngeliatin aku gitu, terus aku deketin & tatap matanya. Sumpah itu rasanya bikin bulu kuduk merinding. Kerasa banget nyatanya.


WUSSHH! Kaget sama kibasan ekornya. Habis real banget sih.

Kalau Aqshel, nyobain game VR yang nggak kalah seru : BEAT SABER. Buat yang suka main Guitar Hero waktu kecil, atau main PUMP / DDR di timezone, pasti bakal suka game ini.

Siap main VR!

Main Beat Saber seru!

VR GAME DAN FUNGSINYA
Selain untuk hiburan, VR Game ini juga bisa digunakan untuk edukasi anak-anak. Ya! Bukan cuma game-game Zombie, tapi ada juga game yang tujuannya untuk edukasi, seperti Ocean Rift. Di game Ocean Rift, kita diajak untuk mengenal beragam jenis hewan laut seperti lumba-lumba, hiu, paus, penyu dan hewan-hewan laut dalam. So, buat yang mau ajak anaknya main VR Game di VR Gate Cafe? Bisa banget!

TIPS BUAT YANG MAU NYOBAIN VR PERTAMA KALI

Nah itu tadi experience-ku ketika pertama kali nyobain VR. Dari situ ada sedikit tips nih buat teman-teman sebelum nyobain VR, terutama kalian yang kayak aku, belum pernah sama sekali nyobain VR. Pilihlah game yang "liat-liat" dulu, untuk mendalami pengalam VR. Kalau suka game semacam Dance Dance Revolution atau Guitar Hero, bisa nyobain Beat Saber. Ngerasa jago? Boleh deh nyobain yang FPS atau Arizona Sunshine.

Let's Guide! Surakarta Local Guides.
VR Gate Cafe
Jl. Hasanudin no 56 Mangkubumen, Banjarsari, Surakarta
Open Everyday at 4PM - 11PM







1 komentar:

About

authorHi There! Thanks for visiting my blog. You can call me bella.
Learn More →